Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Berat Badan Pada Ibu Hamil Di Klinik Pratama Nurul Ummi Medan Tembung

Susilawati Susilawati

Abstract


Proses kehamilan menyebabkan tubuh ibu mengalami perubahan dari kondisi sebelum hamil. Kondisi gizi seseorang dipengaruhi oleh status gizinya selama kehamilan, dengan kata lain status gizi ibu hamil sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan gizi terhadap pengetahuan gizi dan berat badan pada ibu hamil di Klinik Pratama Nurul Ummi. tembem. Sampel diambil secara accidental sampling sebanyak 22 ibu hamil, alat penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan pendidikan gizi sebagian besar ibu hamil memiliki pengetahuan gizi kurang sebanyak 16 orang (72,7%), setelah pendidikan gizi mengalami peningkatan pengetahuan gizi pada kategori baik sebanyak 22 orang (100%). dan sebelum pendidikan gizi sebagian besar berat badan ibu dilakukan. 22 ibu hamil berada pada kategori kurang (100%) dan setelah dilakukan penyuluhan gizi berat badan ibu hamil meningkat menjadi kategori normal sebanyak 12 orang (54,5%). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah memberikan pendidikan gizi. Diharapkan tempat penelitian dapat terus meningkatkan penyuluhan tentang penanganan gizi pada ibu hamil.

Keywords


Kehamilan;Gizi;Berat badan

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2016). Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Konsumsi Makanan Berserat Pada Siswa SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (2017). Kabupaten Kulon Progo dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kulon Progo.

Emmelia Ratnawati. (2017). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fatmah. (2010). Gizi Usia Lanjut. Erlangga: Jakarta.

Fiti Nadia Sofi. (2014). Karakteristik, Tingkat Konsumsi, Status Kesehatan, dan Status Gizi Lansia Peserta dan Bukan Peserta Program Bina Keluarga Lansia, Jurnal. Jember: Universitas Jember.

Soekidjo Notoatmojo. (2013). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supriasa, Dewa Nyoman. (2012). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Suyanto. (2011). Metodelogi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v1i2.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.